Total Tayangan Halaman

Minggu, 13 Maret 2016

Postur Tubuh dan Makanan Picu Heartburn

SAAT asam dari lambung naik ke kerongkongan, pernahkah Anda merasakan sensasi terbakar di dada yang melebar ke leher, tenggorokan dan ke muka setelah makan dalam porsi besar? Atau saat Anda berbaring setelah makan? Jika pernah, berarti Anda mengalami kondisi yang dikenal dengan heartburn.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh makanan dan postur tubuh. Tapi pada beberapa kasus, bisa juga dipicu oleh peradangan dinding lambung. Jika mengalami hal ini, sebaiknya segera melakukan pengobatan, Jika dibiarkan, bisa memicu komplikasi termasuk kanker kerongkongan. Berikut beberapa cara alami yang bisa membantu Anda mengusir heartburn.

1. Perubahan gaya hidup
Perubahan gaya hidup merupakan cara pertama yang seringkali dianjurkan oleh dokter kepada para pasien. Gejala heartburn, biasanya bisa diredakan dengan melakukan perubahan gaya hidup seperti berikut:
  • Batasi asupan makanan dan minuman yang bersifat menstimulasi asam.
  • Menambah frekuensi makan tetapi dalam porsi kecil.
  • Mempertahankan berat badan sehat.
  • Menghindari rokok.
  • Jangan minum alkohol.
  • Lakukan teknik-teknik relaksasi.
  • Hindari ikat pinggang atau pakaian yang terlalu ketat di area pinggang.
  • Jangan langsung berbaring setelah makan, paling tidak selama 2 jam setelah makan.
  • Angkat kepala beberapa inci lebih tinggi saat tidur.
  • Buatlah catatan mengenai heartburn yang Anda alami; durasi, pemicu dan titik di mana saja Anda merasakan sensai terbakar.
2. Modifikasi diet
Sebagian besar heartburn berkaitan dengan makanan tertentu. Karena itu, sangat penting penting menjaga diet Anda. Hindari makanan yang memicu naiknya asam lambung. Makanan yang perlu dihindari termasuk makanan yang digoreng, makanan berlemak, buah sitrus, produk tomat, kopi, minuman beralkohol, minuman dari buah sitrus, cokelat, peppermint dan lada atau merica.

3. Pengobatan alternatif
Jahe. Anda bisa mengonsumsi dalam keadaan segar atau ditambahkan ke dalam makanan dan teh atau dalam bentuk kapsul. Pakar herbal menganjurkan konsumsi 500 miligram jahe dipadukan dengan segelas air setelah makan.
Teh herbal mengandung komponen seperti peppermint, chamomile, jahe, dan licorie yang bisa membantu dinding lambung untuk memperbaiki diri.
Upayakan minum paling tidak 8 gelas sehari untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh dan memungkinkan tubuh mengeluarkan asam secara alami.
Enzim pepaya yang tersedia dalam bentuk kapsul kunyah bisa langsung dikonsumsi setelah makan dipadukan dengan segelas air.
Perbanyak konsumsi makanan kaya serat untuk mencegah kambuhnya heratburn selanjutnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar